Tips & TrikTips & Trik GS

5 Cara Untuk Hemat Baterai di Android 4.4

 

5 Cara Untuk Hemat Baterai di Android 4.4 – Sebagai smartphone canggih, baterai merupakan komponen utama agar gadget tetap dapat beroperasi. Dan kebanyakan para pengguna ponsel Android selalu mempermasalahkan hal ini. Jika Anda salah satu dari sekian banyak pengguna Android KitKat, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara menghemat baterai seperti di bawah ini.

Pakai fitur GPS terbaru dari KitKat

Jika Anda menggunakan fitur GPS dalam smartphone Android, hal ini sebenarnya lumayan menyedot kinerja dan daya tahan dari baterai. Selain itu, jika Anda mengaktifkan mode pencarian lokasi, baterai di dalam smartphone tersebut semakin berusaha untuk menyerap daya yang ada. Tapi semua itu tidak berlaku untuk Android KitKat 4.4, karena di dalam OS baru ini terdapat fitur baru yang dinamani Battery Saving GPS. Fitur tersebut bisa meminimalkan jumlah titik pencarian lokasi Anda, sehingga daya baterai tidak banyak terbuang sia-sia lantaran GPS terus aktif. Untuk cara mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menuju menu Setting > Location > Mode, dan pada pilihan Battery Saving Mode ubah pengaturannya menjadi enable.

Gunakan NFC jika diperlukan

Mulai hilangkan kebiasaan melakukan hal-hal yang tidak perlu. Pada Nexus 5 ataupun smartphone yang sudah menggunakan KitKat, NFC bukanlah fitur baru. Namun, fitur satu ini ternyata lumayan menyedot pemakaian baterai jika dalam kondisi enable. Usahakan hanya menggunakan fitur pembayaran ini saat diperlukan saja, dan jangan lupa untuk mengembalikan mode fitur ini  menjadi disable jika transaksi pembayaran sudah selesai. Jika perlu, Anda boleh memastikan sambungan NFC sudah terputus dengan melihatnya di Android Beam.

Mengurangi akun yang disambungkan ke gadget

Biasanya ini sering dilakukan oleh pemilik gadget yang hobi berbagi momen yang mereka potret. Tahukah Anda jika hal ini ternyata mempercepat pengurangan daya pada baterai? Nah untuk menanggulanginya, Anda bisa mengubah ulang pengaturan sinkronisasi akun jejaring sosial yang langsung terhubung ke dalam ponsel tersebut.

Matikan aplikasi yang tidak dipakai

Cobalah melihat sisa daya yang ada di dalam gadget KitKat Anda. Sisa sedikit kah? Ini dikarenakan Anda terlalu banyak membuka aplikasi yang aktif dan tidak menggunakannnya. Mulai sekarang, usahakan untuk membuka aplikasi yang diperlukan saja. Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan pengaturan brightness pada tampilan setiap aplikasi untuk menghemat daya serap baterai.

Matikan aplikasi OK Google

Suara dari OK Google memang menyenangkan, tapi bagaimana jika aplikasi itulah yang membuat daya baterai gadget cepat habis? Solusinya, silahkan ubah ulang pengaturan yang ada pada aplikasi OK Google. Di dalam menu pengaturan, coba untuk tidak mengaktifkan pemberitahuan suara dari Hotword Detection agar baterai pada HP tidak boros.

Sepertinya langkah-langkah di atas cukup membuat gadget Android KitKat Anda lebih hemat dalam penggunaan daya baterai. Lantas, sudah siapkah untuk menjadi pengguna smartphone yang bijaksana dalam penggunaan aplikasi-aplikasi Android?

Incoming search terms:

  • os android yang hemat batere
  • cara hemat baterai di os kitkat
  • cara menghemat baterai di samsung s3
Previous post

Blackberry Punya Aplikasi Instagram Baru

Next post

Sony Umumkan Update OS KitKat dan Jelly Bean

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − three =