News

Akibat Melanggar Hak Paten, Samsung Didenda 1.37 Triliun

Akibat Melanggar Hak Paten, Samsung Didenda 1.37 Triliun –  Setelah melewati perundingan selama 3 hari lamanya, akhirnya Sabtu lalu (3/5) dewan juri dari kasus sengketa antara Samsung dan Apple memberikan putusan akhir. Perundingan yang melibatkan 4 juri wanita dan 4 juri laki-laki ini akhirnya menyatakan jika Samsung bersalah dalam kasus paten yang diajukan oleh Apple.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam kasus ini Apple melayangkan 5 daftar paten yang dilanggar oleh Samsung, di antaranya sebagai berikut:

  1. Paten pengubahan kata menjadi tautan
  2. Sinkronisasi data dan sinkronisasi data antar perangkat
  3. Universal Search
  4. Fitur slide to unlock
  5. Fitur auto correct

Menurut hasil penyelidikan yang sudah dilaksanakan beberapa pekan lalu, Samsung terbukti melanggar 3 di antara kelima hak paten di atas. Meski tidak bersalah sepenuhnya, dewan pengadilan mengatakan jika perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan itu wajib membayar denda kepada pengadilan. Jika ditahun 2012 lalu Samsung harus membayar denda sejumlah US$2.2 miliar, di kasus ini pengadilan menetapkan denda sejumlah US$119.6 juta (setara dengan Rp1.37 triliun).

Walau pihak Samsung dinyatakan bersalah dalam kasus ini, pihak penggugat ternyata juga dijatuhi denda oleh dewan pengadilan. Masih bersumber dari situs yang sama, Apple dalam hal ini didapati mendapatkan denda sejumlah US$158 ribu (setara dengan Rp1.8 miliar).

Denda tersebut dijatuhkan  kepada Apple lantaran pengadilan menganggap jika perusahaan besutan Steve Jobs itu melanggar salah satu paten milik Samsung. Dikutip dari Mashable, Apple terbukti menerapkan sistem yang dapat membuat dan merekam gambar digital sekaligus suara dari smartphone. Fitur ini sebenarnya merupakan milik smartphone Samsung dan sudah dipatenkan beberapa waktu silam.

Meski putusan sudah dikeluarkan oleh pengadilan, diakhir pengumuman tersebut dijelaskan jika pihak penggugat dan tergugat diwajibkan hadir kembali ke pengadilan pada hari ini. Agenda dari pertemuan di meja hijau itu tidaklah menyangkut masalah penambahan denda, melainkan hanya penyampaian detail pelanggaran paten yang dilakukan oleh Samsung dan Apple.

Previous post

Nokia Ganti Nama Jadi Microsoft Mobile Oy

Next post

Smartphone Xiaomi Mi3S Dirilis 15 Mei Mendatang

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + 9 =