NewsTechnology, OS

Android dan iPhone jadi Rival di Pasar Gadget

3d-android-vs-appleSepertinya nama iPhone dan Android sudah sangat kondang di pasaran gadget dunia. Tak jarang beberapa media mengangkat 2 brand kondang ini dalam tulisan mereka. Nah, kali ini kita juga akan membicarakan hal yang sama, namun berfokus pada pasar dagang yang dimiliki keduanya.

 
Dua brand yang sudah tersohor di seluruh dunia ini memang mutlak bersaing di pasaran gadget mutakhir. Meski sempat mencuat lantaran isu negatif di antara produk-produknya, hal itu tidak membuat pecinta 2 merek besar ini beralih. Pada bulan Juni lalu sempat terdengar kabar jika Android sukses merajai pasar smartphone dan tablet lewat operasional sistemnya.

 
Hal tersebut diperkuat dengan bukti dari IDC yang direkap setiap 6 bulan sekali dari pasar gadget dunia. Di Eropa, OS yang punya ciri khas warna hijau ini berhasil menguasai pasar dengan angka sebesar 69% dan melambung jauh dari angka awalnya yang berkisar 55%. Keadaan seperti ini ternyata membawa dampak kurang baik bagi iPhone. Daratan Eropa yang dulunya menjadi pasar utama ponsel Apple setelah Amerika, ternyata harus mengalami kemunduran dan hanya mengantongi persentase sebesar 20% untuk dominasinya di pasaran gadget.

 

Jika berbicara tentang Android, pastilah masih bertanya smartphone merek apa yang berhasil membuat OS pintar ini menguasai pasar gadget dunia. Ternyata Samsung-lah yang sukses membawa Android merajai pasar HP pintar di negara maju dan berkembang di dunia. Namun, hal-hal seperti ini sudah berlangsung sekitar 3 bulan lalu dan sekarang keadaan mulai mengalami perubahan.

 
Waktu sebanyak 3 bulan sangatlah lama bagi dunia teknologi gadget mutakhir. Ketenaran Android dan Samsung di dunia ponsel pintar sepertinya harus sedikit bergeser dan digantikan rivalnya, iPhone. Meski smartphone besutan Apple ini terkenal dengan bandrol harganya yang selangit, hal ini tidak menutup kemungkinan konsumen memilih ponsel ini sebagai gadget pribadi mereka.

 
Kenaikan dominasi pasar memang ditunjukkan oleh iPhone meski tidak melesat jauh seperti Android, hal ini tercatat sebelum produk iPhone 5s dan 5c di-launching. Dalam hal ini, OS bawaan dari smartphone Samsung mengalami pengurangan nilai dominasi pasar sebesar 0,9% dan masih anteng menduduki pasar dengan nilai 50 koma sekian persen dari keseluruhan.

 
Meskipun Samsung masih bisa dibilang merajai pasaran gadet, popularitas yang dimiliki Apple belum bisa disaingi oleh Android dan Windows Phone. Di Amerika saja sebanyak 40,7% dari keseluruhan penduduk masih mengidolakan ponsel buatan Apple sebagai gadget paling apik di negara mereka. Peringkat ini lalu diikuti oleh Samsung, HTC, Motorola, dan LG. Perlu Strimates tahu, ternyata lebih dari 60% atau sekitar 145 juta pengguna smartphone di Amerika sudah menggunakan iPhone sebagai alat komunikasinya.

Previous post

Bug di Iphone 5s Cemaskan Pengguna

Next post

Google Music di iOS Lebih Murah daripada Android

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =