NewsTechnology, OS

ANDROID JUALAN KITKAT?

android kitkat 4.4

Bisakah Anda membayangkan kalau perusahaan sekelas Google menjual ‘KitKat’? Eit, tunggu dulu bukan cokelat lezat Kit Kat yang kami maksud, tapi KitKat versi Google kali ini merujuk pada nama sistem operasi Android terbaru mereka.

Ya, setelah sukses dengan beberapa jenis OS yang namanya unik, kali ini Android akan kembali meluncurkan sistem operasional terbaru mereka, Android 4.4. Mungkin Anda pernah mendengar beberapa julukan untuk OS Android, sebenarnya semua julukan itu dirancang urut abjad di setiap peluncuran versi barunya. Nah, untuk nama dari Android 4.4, produsennya memilih merek dari salah satu produk Nestle yakni KitKat. Ya, sistem operasi ini sudah muncul di artikel kami beberapa waktu lalu, tepatnya pada bahasan OS bawaan dari LG Nexus 5.

Sistem operasi satu ini punya perbedaan yang lumayan nyentrik dari generasi-generasi sebelumnya. Katakan saja dari segi maskot yang akan mereka pakai, warna cokelat dan tekstur horizontal yang ada pada cokelat KitKat menjadi perubahan baru dari robot hijau Android. Gambaran maskot baru ini diketahui dari foto yang diunggah oleh salah satu petinggi Google di situs jejaring sosialnya, Google+.

Sedangkan untuk bagian User Interface, OS besutan Googe ini hadir dengan tampilan lebih terang dan simpel. Transformasi warna biru di keypad virtual dan latar belakang putih menjadikan tampilan HP dengan OS KitKat ini terlihat lebih sederhana. Dari beberapa rumor yang beredar, status bar di versi KitKat bakal bisa berubah warna mengikuti dominasi warna yang ada di layar ponsel pintarnya.

Di sisi hardware support, KitKat kabarnya punya spesifikasi yang lebih ringan dan OS-nya bisa diinstal di smartphone atau tablet lama. Dengan adanya spesifikasi tersebut, Google menjanjikan jika daya tahan baterai pada smartphone yang menggunakan OS ini akan lebih baik. Perlu Anda ketahui, OS ini ternyata dilengkapi dengan fasilitas pemesanan cetak foto yang hasilnya langsung bisa dikirim ke alamat rumah Anda.

Beralih dari itu semua, Android sebenarnya punya reputasi yang buruk jika dilihat dari sistem keamanannya. Respon negatif dari para kritikus tentang hal tersebut menjadikan Google dan tim perancang Android ini melakukan perubahan besar-besaran agar bug yang ada di versi sebelumnya tidak muncul di barang baru ini.

Bagi pengguna beberapa smartphone yang sudah menantikan OS ini sepertinya harus bersabar, karena sistem operasi yang kabarnya akan turun ke pasaran pada 14 Oktober ini harus mengalami jadwal penundaan. Saat produsen Nexus 5 dimintai keterangan tentang hal ini, mereka hanya berkata jika OS ini akan diluncurkan pada bulan November mendatang.

Jika Anda masih bingung dengan spesifikasi smartphone yang bisa di-update menuju Android KitKat, berikut kami berikan rinciannya:

  1. Perangkat yang akan di-update setidaknya mempunyai RAM 512MB
  2. Sudah bisa menjalankan OS Jelly Bean 4.1
  3. Khusus untuk produk dari SONY, prosesor yang digunakan minimal harus single core dari Qulcomm
Previous post

iPad Dirilis Bareng Surface 2

Next post

Blackberry Z30 Lebih Mahal Dari iPhone 5S

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 18 =