NewsTech & OS

Android-Windows Bakal Ada di Galaxy Tab

samsung galaxy dual os

Selama lebih dari 3 tahun merilis produk bersistem operasi Android, tahun depan Samsung akan hadir ke pasaran internasional dengan inovasi produk baru. Galaxy Tab versi terbaru akan menjadi obyek percobaan Samsung dengan Microsoft. Kabarnya gadget yang punya layar 12 ” ini akan dibubuhi 2 OS sekaligus saat perilisannya nanti.

Meski harus menerima kekalahan untuk pasar produk Windows Phone-nya, kali Microsoft mencoba cara lain menjaring keuntungan dari sistem operasi terbarunya. Untuk beberapa waktu ke depan, Microsoft masih getol melakukan negosiasi dengan produsen-produsen tablet terkemuka yang  salah satu di antaranya adalah Samsung. Dengan memberikan iming-iming “tidak ada biaya lisensi”, akhirnya sistem operasi rancangan Microsoft ini bisa nyantol di produk Samsung meski masih harus disandingkan dengan Android. Ini bisa jadi batu loncatan bagi Microsoft untuk menggandeng produsen lain dan meyakinkan mereka atas kualitas yang dimiliki Windows RT.

Produk bersama antara Samsung, Google , dan Microsoft ini sudah melalui tahap pengujian kualitas tablet. Hasil yang didapatkan sama sekali tidak mengecewakan, kinerja tablet yang punya ukuran hampir sama dengan kertas A4 ini tetap terlihat banter saat menjalankan beberapa aplikasi yang dinilai berat oleh tim penguji. Selain mendukung untuk 2 sistem operasi, Tab yang akan dirilis pada 2014 ini bisa mendukung aplikasi yang membutuhkan resolusi tinggi. Dari rumor-rumor yang beredar, sistem dual boot ini juga akan diterapkan di beberapa ponsel pintar milik Samsung.

Untuk tahun 2013 ini, Samsung akan melakukan peluncuran tablet baru mereka, ATIV Q, ke pasaran dengan OS bawaan buatan Microsoft. Tablet Samsung ini punya sedikit kemiripan dengan Surface. Dilengkapi dengan adanya engsel keyboard yang mudah dilepas dan dipasang, tablet ini akan memberikan kesan seperti memakai laptop versi portable. Tentang kapan tepatnya tablet ini diluncurkan ke pasaran gadget, Samsung belum memberikan konfirmasi pastinya.

Selain menjalin kerjasama dengan perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Microsoft rencananya juga akan membujuk Huawei dan HTC untuk meluncurkan produk serupa. Tawaran ini masih juga dibarengi dengan embel-embel bebas biaya lisensi dan cost adaptation untuk setiap produk yang terjual. Ini bertujuan agar Windows RT bisa merintis pangsa pasar karena kualitas OS mereka. Sebenarnya untuk brand HTC, Microsoft masih harus bekerja lebih keras dari merek lainnya. Pasalnya, perusahaan asal Taiwan ini sebetulnya sudah enggan memproduksi Windows Phone lantaran ponsel yang mereka hasilkan tidak bisa memenuhi target penjualan.

Sistem dual booting sepertinya bakal jadi sesuatu yang baru bagi para pecinta OS Android dan Windows. Pasti kalian juga penasaran kan dengan kolaborasi dual OS ini? Ya kita berdoa saja semoga produk baru ini akan mampir ke dunia gadget milik Indonesia.

Previous post

LG Juga Punya HP Layar Lengkung

Next post

iPad Dirilis Bareng Surface 2

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × five =