News

Apple dan Samsung Lanjutkan Sengketa Produk

Apple dan Samsung Lanjutkan Sengketa Produk

Apple dan Samsung Lanjutkan Sengketa Produk – Setelah tak lagi terdengar kabar mengenai kasus pengadilan antara Apple dan Samsung, kali ini berita tentang keduanya kembali menghiasi headline media dengan topik yang sama seperti tahun lalu. Kasus yang menyinggung tentang peniruan teknologi iPad dan iPhone tersebut kembali dibuka oleh pengadilan California pada Selasa (12/11) kemarin dan dilakukan di pengadilan San Jose, Amerika Serikat.

Dalam sidang tersebut hakim telah memutuskan untuk memberikan pengurangan denda sebesar US$400juta (setara dengan Rp4.7 miliar) dari nilai yang awalnya US$1miliar.  Total denda awal tersebut kabarnya merupakan sanksi terbesar dari seluruh kasus peniruan yang ada selama ini. Imbas dari tuduhan ini ternyata juga harus berujung pula pada pembatasan pemasaran produk Samsung di Amerika Serikat. Menurut keputusan di sidang pertama tahun lalu, perusahaan smartphone Korea Selatan itu tidak diperkenankan mengekspor beberapa jenis produk barunya ke pasar gadget Amerika sebagai bentuk lain dari sanksi pelanggarannya.

Sidang yang diperkirakan berlangsung selama 6 hari ini akan membahas perihal kerugian yang dialami Apple.  Dalam sidang lanjutan ini Apple diharuskan memberikan bukti yang akurat tentang pelanggaran hak paten yang dilakukan rivalnya dan berimbas pada kerugian pemasaran yang dialaminya pada tahun 2011 lalu.

Awalnya Apple memulai penjualan produk pintarnya pada tahun 2007 dan mendapatkan pangsa pasar yang memuaskan untuk tingkat produk pemula. Namun hal tersebut cepat disalip oleh Samsung lewat produk smartphone-nya yang disebut-sebut meniru teknologi iPhone dan iPad milik Apple. Keberhasilan Samsung semakin terlihat jelas melampaui Apple pada tahun 2011 lalu. Di tahun itu perusahaan gadget asal Korea Selatan ini berhasil mengalahkan dominasi pasar Apple dan berada di posisi puncak penjualan produk terbanyak.

Selain kasus  di pengadilan California, sebenarnya Samsung dan Apple juga terlibat sengketa serupa di 10 negara Eropa. Semua itu berawal dari tuduhan Apple kepada Samsung yang dianggap meniru komponen dan beberapa fitur baru dari gadget yang akan dikeluarkan oleh perusahaannya. Namun sebelum akhirnya sanksi dikeluarkan oleh pihak pengadilan, Samsung sempat memberikan bantahan jika fitur dan  sistem yang ada dalam Android smartphone-nya sudah direncanakan jauh hari sebelum Apple merilis iPhone pada 2007 lalu.

Lantas, bagaimanakah akhir dari perseteruan duo rival gadget ini? Kita nantikan saja kabar selanjutnya dari kasus ini.

Previous post

Januari 2014 Nexus 5 Masuk Pasar Gadget Indonesia

Next post

Galaxy Note II Bakal Disambangi KitKat 4.4

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 6 =