NewsTech & OSTechnology, OS

BBM Lintas Platform Segera Rampung

BBM Lintas Platform Segera RampungNews Gadget Samsung – Produsen ponsel pintar asal Kanada, BlackBerry memperkirakan aplikasi andalannya BlackBerry Messenger (BBM) sudah bisa diunduh oleh pengguna platform Android dan iOS pada pertengahan Oktober mendatang.

“Dalam satu atau dua minggu lagi saya kira sudah bisa. Tapi tim BBM kami terus bekerja 24 jam untuk itu,” kata Senior Country Product Manager BlackBerry Southeast Asia, Ardo Fadhola, usai peluncuran BlackBerry 9720, di Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2013.

Seperti diketahui, BlackBerry memutuskan untuk menunda peluncuran resmi BBM lintas platform yang akan tersedia di platform iOS dan Android setelah mengalami masalah teknis pada percobaan peluncurannya 21 September lalu. BlackBerry menyatakan penundaan sementara ini karena ada masalah teknis akibat munculnya aplikasi BBM tak resmi.

Ardo menjelaskan, masalah teknis saat itu terjadi lantaran sempat ada leak version yang belum rampung. Akibatnya, lalu lintas BBM melonjak sehingga mengacaukan stabilitas sistem BlackBerry. “Jadi kami shutdown dulu yang leak version-nya, kemudian lagi kami rolling out pelan-pelan untuk yang official version-nya,” ujar dia.

BlackBerry membuka aplikasi BBM lintas platform ini untuk merebut pasar pengguna iOS dan Android di seluruh dunia yang mencapai 980 juta. Dengan begitu, nantinya BlackBerry bisa menyediakan banyak layanan pada BBM baik gratis maupun berbayar demi meningkatkan keuntungan.

“Kalau market-nya sudah besar kami bisa tawarkan servis menarik misalnya developer membangun suatu aplikasi atau layanan berbayar di BBM,” ujarnya.

Meski sudah mantap membuka aplikasi BBM di iOS daan Android, Blackberry belum akan masuk ke platform Windows Phone dalam satu hingga dua tahun ke depan. Alasannya, pasar pengguna Windows Phone masih tergolong kecil.

“Saat ini bisa dibilang kami masih sangat sibuk untuk rolling out di dua platform, iOS dan Android,” kata Ardo.

Terkait fokus bisnis BlackBerry ke depan, ia menjelaskan, perusahaan tengah menata ulang fokus bisnis yang dijalani. Mulai tahun ini, BlackBerry sudah tidak lagi meluncurkan produk dengan berbagai varian, dan akan fokus dengan platform BB10.

Tahun depan, lanjutnya, BlackBerry dipastikan hanya akan meluncurkan empat ponsel pintar berupa dua produk kelas menengah ke bawah dan dua produk untuk kelas menengah ke atas.

“Kami mulai mengembangkan bisnis dari berbagai jalur, BBM juga akan jadi salah satu feature bisnis kami, karena itu kami expand dulu sebelum harmonisasi. Device akan lebih fokus pada segmen dan spek tertentu,” ujarnya.

sumber

http://www.tempo.co/read/news/2013/10/02/072518305/BBM-Lintas-Platform-Segera-Rampung

Previous post

iOS 7.0.2 Masih Miliki Celah Keamanan di Lockscreen

Next post

Harga iPhone 5S Gold Rp 116.000.000

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =