New Gadget

Bug di Iphone 5s Cemaskan Pengguna

ipad 5sBelum lama produk Iphone 5s turun ke pasaran gadget, ternyata smartphone satu ini harus kena kabar miring dari SRL (Security Research Labs). Laboratorium yang punya markas di Jerman itu baru saja mengumumkan jika smartphone yang berlambang apel ini punya bug pada Touch ID. Kecacatan di bagian ini tidak bisa dianggap remeh, karena akibatnya bisa sampai ke sistem keamanan dalam ponsel.

Jika kita membicarakan tentang dampak dari penyakit IPhone 5s ini, kata ‘fatal’ bisa jadi citra negative yang diakibatkan bug tersebut. Kalau saja sistem perlindungan jarak jauh Iphone 5s bisa ditembus, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah hacker dapat mengontrol gadget ini tanpa sepengetahuan pemiliknya. Selain itu mereka juga bisa mengetahui seluk beluk yang ada dalam ponsel milik pengguna lain, termasuk mengakses akun e-mailnya. Lantas bagaimanakah Apple menyikapi masalah ini?

Hingga tulisan ini turun, pihak produsen IPhone 5s belum memberikan respon tentang bug tersebut. Sebenarnya pihak SRL sudah membagi riset terbaru penyakit Iphone 5s pada pembuatnya, namun mereka lebih memilih bungkam. Jika temuan ini diakui oleh pembuatnya, ini bukanlah kesalahan pertama dari smartphone Apple. Pada bulan Juli lalu Apple sempat mengeluarkan kabar jika pihaknya tengah menangani kekurangan-kekurangan yang ada di produknya. Tapi seiring berjalannya waktu, beberapa perusahaan riset gadget makin getol mencari kecacatan produk smartphone ini.

Jika ditinjau dari kabar sebelumnya, Apple sudah mengantongi 4 kesalahan dalam produknya. Kabar tentang tidak akuratnya di aplikasi IPhone 5s sempat mencuat di dunia gadget dan membuat perusahaan pembuatnya kalang kabut menangani masalah tersebut. Tak hanya itu, beberapa pengguna smartphone Apple ini juga mengeluhkan tentang goresan pada cat body yang sudah ada sejak baru dibuka dari retail box-nya. Masalah handset dan sensor yang tidak berjalan dengan baik pun menjadi sorotan utama bagi para penggila games. Bukankah hal-hal seperti ini bisa mempengaruhi niat calon penggunanya untuk memiliki smartphone buatan mereka?

Tapi jangan khawatir! Di balik bungkamnya Apple tentang masalah ini, mereka masih mengadakan penelitian tersendiri tentang kabar miring ini. Apple masih harus menguji dan memastikan sejauh mana kebenaran tentang temuan SRL dan dampak keseluruhan bagi pengguna IPhone 5s.

Jika saja temuan terbaru RSL ini sudah mendapat konfirmasi dari Apple, masalah ini jadi poin ke 5 kecacatan di Iphone 5s. Dan kabarnya, pihak riset Jerman sudah mengetahui cara yang lebih mudah untuk membobol Touch ID, daripada tutorial yang beredar di internet. Bukankah ini makin memberikan peluang bagi oknum tidak bertanggung jawab untuk bisa melancarkan niat jahat mereka? Mungkin untuk saat ini, para pengguna Iphone 5s masih harus waspada terhadap akun email dan bank yang sudah masuk di aplikasi smartphone ini. Karena kita masih belum tahu pasti sejauh mana kebenaran riset ini di mata produsennya.

Previous post

Instagram Jadi Lahan Bisnis

Next post

Android dan iPhone jadi Rival di Pasar Gadget

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × one =