NewsReview and CompareTech & OSTechnology, OS

Cina Akan Luncurkan OS Saingan Android dan iOS

Cina Akan Luncurkan OS Saingan Android dan iOS – Setelah berhasil meniru teknologi yang ada di dalam smartphone kelas atas, kali ini Cina mulai merintis bidang lain untuk bersaing di pasar gadget. Tak mau kalah dengan Google dan Apple, beberapa waktu lalu dikabarkan jika negara tirai bambu itu akan meluncurkan sistem operasi smartphone yang mereka rancang sendiri. Menurut tulisan yang diterbitkan di situs SCMP, sistem operasi ini akan dinamai COS (China Operating System).

 

Sistem Operasi ini sendiri berbasis kode operasi Linux yang telah dikembangkan oleh salah satu perusahaan Cina, Shanghai Liantong, dan institut yang bergerak dalam pengembangan software, Chinese Academy of Sciences. Nantinya COS ini akan diterapkan langsung ke dalam ponsel dan tablet pintar yang diproduksi oleh perusahaan negara Cina sendiri. Selain itu, developernya juga mengatakan jika OS ini akan bisa menjalankan fungsi yang dimiliki Android dan Apple di dalam versi Cina.

Selain hal tersebut, pihak dari Chinese Academy of Sciences juga mengatakan jika pada 2014 ini Cina akan melakukan transformasi besar-besaran di segi smart devices. Di sini pihak perancang juga menawarkan banyak keuntungan kepada para pengguna OS ini. Hal tersebut juga sekaligus sebagai bentuk pengalaman baru agar bisa berorientasi dengan perusahaan Cina lainnya. Selain menggunakan bahasa Cina sebagai pengaturan default huruf, pengguna juga bisa menikmati akses operasional dan internet yang lebih cepat dari sistem operasi iOS dan Android.

Di sini ada banyak respon yang dikeluarkan oleh para pengguna jejaring sosial Cina. Lebih dari 100 akun di jejaring sosial Sina Weibo yang membicarakan kedatangan OS ini. Tak hanya keseriusan yang mereka perbincangkan, namun beberapa plesetan pun kerap kali muncul untuk treat yang berhubungan dengan COS.

Sebenarnya kabar mengenai sistem operasi ini bukanlah yang pertama kali. Pada 2009 lalu, negara dengan jumlah penduduk terbanyak itu sempat mengumumkan OS domestik buatannya yang merupakan hasil modifikasi dari Android masa itu. Sistem operasi yang dinamai OPhone itu mulai menghilang dan tidak memperlihatkan eksistensinya hingga setahun setelah peluncurannya. Dan setelahnya, di 2013 kemarin ada seseorang yang menuliskan artikel jika Cina akan meluncurkan sistem operasi baru yang tak kalah canggih dengan Android dan iOS.

Incoming search terms:

  • os baru saingan android
  • os canggih pesaing android
  • os pesaing android dan ios
  • prsaing android terbaru
  • saingan android
Previous post

Huawei B199 Phablet Dengan Kapasitas Baterai 3000mAh

Next post

Penerus LG G Pro Dinamai G Pro 2

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × two =