NewsTechnology, OS

Di Masa Depan Aplikasi Mobile Akan Digratiskan


Di Masa Depan, Aplikasi Mobile Akan Digratiskan
– Saat ini tidak sedikit perusahaan yang memilih untuk mengembangkan aplikasi mobile maupun smartphone. Namun ada kabar miring yang cukup ramai di kalangan para pengembang aplikasi. Jika pada saat ini para developer mengembangkan aplikasinya untuk mendapatkan uang dari hari penjualan, nantinya hal ini tidak bisa lagi diandalkan.

Seperti dikutip dari salah satu situs dalam negeri, para pengembang aplikasi akan merasa kesulitan menjual aplikasi yang dibuatnya pada 2017 mendatang. Sebenarnya hal ini sudah bisa dirasakan oleh para pengembang aplikasi smartphone dengan hadirnya sistem in app purchase. Bahkan menurut salah satu riset dari Gartner, pada 2017 nanti persentase aplikasi gratis ada sekitar 94% dari keseluruhan.

Alasan lain yang membuat developer sulit menjual produknya adalah terlalu banyaknya aplikasi gratis yang dimiliki oleh perusahaan semacam Google dan Apple. Selain itu, pada 2018 nanti hanya ada sekitar 0.01% pengguna perangkat mobile yang mau mengunduh aplikasi berbayar untuk gadget yang dimilikinya.

Rumornya, di masa depan pengguna smartphone akan mengunduh aplikasi di online store hanya dengan melihat rekomendasi teman-teman dan mesin pencari. Selain itu, review yang disertakan di dalam aplikasi tersebut juga tidak akan dibaca secara saksama oleh si pengunduh.

Dalam risetnya, Gartner juga menemukan jika nantinya developer/ perusahaan yang memproduksi aplikasi berbayar hanya akan mendapatkan pendapatan tidak lebih dari US$1250 (sekitar Rp15 jutaan) setiap harinya. Hal itu berarti jika aplikasi tersebut hanya diunduh sekitar 500 kali per harinya. Para pakar juga mengatakan jika nantinya pengguna smartphone kemungkinan besar akan meninggalkan aplikasi game yang ada. Pengembang game disarankan agar punya aplikasi lain yang lebih spesifik dan memang ditargetkan untuk para pemain game aplikasi mobile.

Previous post

LG G Flex Kena Masalah Bug Gelembung

Next post

Apple Patenkan Teknologi Pembayaran Mobile

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − one =