NewsTechnology, OS

Google Maps Engine Pro Mudahkan Pelaku Bisnis

google maps engine pro

Google Maps Engine Pro Mudahkan Pelaku Bisnis – Usai meluncurkan versi anyar dari Google Play Store pada Selasa (22/10) kemarin, kali ini Google kembali mengumumkan jika developer aplikasi Android-nya sudah merampungkan proyek Google Maps Engine Pro. Diumumkan dari kantor pusat yang berada di San Fransisco, aplikasi ini bisa digunakan segala kalangan perusahaan untuk memetakan lokasi bisnis yang mereka miliki di Google Maps. Untuk perusahaan yang sudah punya level tinggi, mereka diperbolehkan oleh perancangnya untuk menyertakan spreadsheet data dan akan dimunculkan pula di Google Maps.

Dalam hal ini, perancangnya memberikan penjelasan yang lebih bersifat gamblang tentang manfaat aplikasi ini. Coba bayangkan jika sebuah perusahaan mempunyai daftar bisnis yang harus disertai dengan alamat dan juga data penting perusahaan itu, bukankah ini sangat merepotkan? Biasanya data tersebut akan disimpan dalam format teks di dalam database yang panjang dan kadangkala menimbulkan kebingungan untuk pembacanya. Nah, menurut Google hal semacam ini tidaklah efisien. Dengan adanya fitur yang disediakan Engine Pro, pebisnis bisa menyertakan beberapa informasi dan catatan penting setiap perusahaannya ke dalam peta Google.

Semua lokasi yang dimiliki perusahaan itu akan ditandai dengan simbol. Jika simbol tersebut diklik, informasi tempat dan data penting di dalamnya juga dimunculkan dalam bentuk kotak dialog. Fitur seperti ini bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis dalam hal pengurutan data dari bagian perusahaannya. Jadi, jika dokumen perusahaan yang dipimpin membutuhkan peringkat, Anda bisa memetakan urutan tersebut dan mengerti mana lokasi yang lebih berpotensi di bisnis Anda. Engeni Pro sendiri bisa menyertakan hingga 10 lapisan data dan mampu memuat sampai 2000 baris spreadsheets. Ini berarti Anda bisa dengan mudah memetakan sebanyak 2000 lokasi berbeda dalam aplikasi ini.

Google selalu mengutamakan kesamaan sistem dalam aplikasi-aplikasinya, yang artinya Anda tidak hanya mendapatkan fitur seperti di atas. Dalam hal ini Anda juga bisa berbagi data dengan pengguna aplikasi serupa dan bisa mengubah sekaligus menambahkan informasi yang dirasa penting. Data yang Anda import ke dalam aplikasi ini ternyata juga bisa dilihat di Google Drive, dan publikasinya bisa diatur dalam mode pribadi atau umum.

Semua fitur ini masih dikhususkan untuk para pengguna ponsel pintar berbasis Android dan sudah tersedia Google Play Store untuk pengunduhannya. Namun Direktur dari aplikasi ini sudah mengatakan jika aplikasi bisa dinantikan kehadirannya di apps store milik iOS.

Ada alasan mendasar mengapa Google membuat aplikasi seperti demikian. Pihaknya menilai kebanyakan dari para pelaku bisnis akan memanfaatkan smartphone yang milikinya semaksimal mungkin, dan aplikasi Maps Engine Pro menawarkan hal serupa. Selain itu, Google pun percaya jika aplikasi yang berbasis data lokasional ini bisa mendatangkan  transisi keuntungan bagi perusahaan yang punya jangkauan besar di seluruh dunia. Google Maps Engine Pro sendiri saat ini sudah tersedia di app store dengan biaya langganan sebesar US$5 per bulannya.

Previous post

BBM Laris di Android dan iOS

Next post

Galaxy Gear Ada di Gadget Galaxy November 2013

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three − 1 =