NewsTechnology, OS

Google Music di iOS Lebih Murah daripada Android

google musikGoogle sepertinya masih belum puas dengan kesuksesan yang dimilikinya. Usai memprakarsai Youtube dan salah satu OS smartphone sebagai bagian dari perusahaannya, kali ini Google hadir di kalangan aplikasi Android dan iOS. Lewat aplikasi terbaru mereka yang diberi nama Google Music All Access, search engine ini akan mampang di jajaran aplikasi iOS dan Apps Store dengan keunggulan yang dimiliki produk terbarunya.

Beberapa bulan lalu Google sempat mengeluarkan kabar kepada awak media tentang penundaan jadwal rilis aplikasi ini untuk iOS. Memperbaiki bug yang dimiliki Google Music menjadi alasan utama mereka menunda launching aplikasi ini. Tapi jangan khawatir, Google Music sudah dipastikan akan ada di iOS pada bulan Oktober ini dengan biaya berlangganan sebesar US$8.99 (sekitar Rp100 ribu). Biaya ini jauh lebih murah dibandingkan pengguna Android yang harus membayar aplikasi serupa dengan bandrol US$10 (sekitar Rp115 ribu) setiap bulannya.

Sebelumnya kita sempat mendengar kabar jika ada aplikasi pemutar musik ilegal (gMusic) yang biasa dipakai pengguna iPhone selain Google Music. Padahal, sebelum aplikasi ilegal ini beredar di iOS, Apple sendiri pernah memperkenalkan iTunes Radio sebagai aplikasi pemutar musik untuk iPhone-nya. Sepertinya pemutar musik online sangatlah dibutuhkan oleh pengguna iPhone, hal itu bisa dibuktikan dari antusiasme pemilik iPhone terhadap 2 aplikasi tersebut.

Lalu, kenapa sih aplikasi Google ini begitu dinantikan pengguna iPhone? Google Music All Access ternyata punya layanan baru bagi penggunanya, yakni pilihan kualitas musik yang akan diputar. Tersedia 3 pilihan kualitas musik di aplikasi ini, dengan kategori low, normal, dan high quality pada setiap lagunya. Penggolongan ini tentunya masih berkaitan dengan penggunaan paket data pemilik smartphone. Contohnya saja jika Anda memutar musik dengan pilihan high quality, maka paket data yang digunakan akan lebih besar 2 kali lipat dari low quality.

Selain keunggulan di atas, ternyata Google Music juga menyediakan akses ke berbagai kalangan music dan lagu. Berbagai kalangan musik di sini mengacu pada tingkat kepopuleran artis itu di negaranya. Bukan hanya penyanyi yang sedang naik daun di dunia musik saja yang bisa didengarkan suaranya, kini pengguna fasilitas dari Google Music juga bisa mendengarkan musik favorit mereka meski pelantunnya belum terlalu populer.

Aplikasi ini ke depannya akan sangat membantu para pelaku seni di dunia musik. Selain punya fungsi yang banyak, seperti streaming radio misalnya, aplikasi pemutar musik ini juga bisa mengurangi resiko pembajakan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab di Indonesia. Lantas, sudah siapkah para pengguna iPhone menantikan peluncuran aplikasi ini di tanah air?

Previous post

Android dan iPhone jadi Rival di Pasar Gadget

Next post

LG Juga Punya HP Layar Lengkung

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 6 =