NewsTechnology, OS

Google Peringati Hari Kelahiran Grace Hopper

Google Peringati Hari Kelahiran Grace Hopper – Sudahkah Anda mengakses Google.com hari ini? Pada Senin, 9 Desember 2013 ini Google ternyata merayakan hari kelahiran seorang ilmuwan komputer yang bernama Grace Hopper. Jika Anda mengamati animasi di halaman awal Google, mesin pencari ini menampilkan animasi seorang wanita yang bergelut dengan sebuah mesin raksasa. Lantas apakah peran besar yang diberikan oleh ilmuwan wanita ini untuk dunia?

Wanita yang punya nama lengkap Grace Murray Hopper ini merupakan seorang Laksamana di angkatan laut Amerika Serikat pada 1943. Di samping itu, dia juga seorang ilmuwan komputer yang menemukan bahasa pemrograman komputer generasi ke-3. Karyanya di bidang teknologi ini tergolong dalam bahasa pemrograman komputer modern dan dinamai dengan bahasa COBOL (Common Business Oriented Language).

Diciptakan pada 1959, bahasa pemrograman ini merupakan gabungan dan pengembangan dari 2 generasi sebelumnya, yakni MATH-MATIC dan FLOW-MATIC. Sedangkan fungsi yang dibawanya, COBOL merupakan program yang dikhususkan untuk menangani masalah perdagangan seperti laporan pemasukan dan pengeluaran suatu perusahaan, serta sistem pengelolaan keuangan.

Seiring dengan perkembangan kemampuannya di bidang ilmu komputer, ilmuwan wanita ini mendapatkan banyak gelar dari universitas-universitas di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, karena jasa dan karya besarnya di bidang teknologi bahasa pemrograman, pihak angkatan laut Amerika Serikat mengabadikan nama ilmuwan ini dalam kapal perangnya yakni USS Hopper (GGD-70). Sedangkan untuk di dunia pendidikan, nama Hooper turut disematkan pada super komputer milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center) dan nama ruangan di Chalmers University of Technology.

Meninggalkan sebuah teknologi untuk dunia komputer dan segudang prestasi, ilmuwan wanita ini berpulang ke hadirat Tuhan pada 1 Januari 1992, di Virginia, Amerika Serikat.

Previous post

Spesifikasi Tablet MiuMiu W19 Evolution

Next post

Lenovo A516 Smartphone Dual Core Dengan Jelly Bean

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =