New GadgetTechnology, OS

Mengenal Istilah Streaming

Streaming – Para pengguna internet tentu sangat familiar dengan istilah yang satu ini, terutama bagi mereka yang hobi menyambangi situs YouTube atau menonton siaran TV dan film dari situs m.gostrim.com. Anda juga tentu sering menemukan kata-kata live streaming dalam program TV yang dapat juga dinikmati lewat koneksi internet. Walaupun sudah akrab di telinga, Anda tetap perlu mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan streaming supaya dapat menggunakan istilah tersebut pada momen yang tepat.

Secara harfiah, stream dapat diartikan sebagai aliran atau mengalirkan. Jika dihubungkan dengan konteks pengaksesan internet, streaming berarti proses “mengalirkan” atau mentransfer data dari server kepada host dimana data tersebut merepresentasikan informasi yang harus disampaikan secara langsung (real time). Data atau informasi yang dikirimkan melalui proses streaming ini biasanya berupa video, audio, grafik, slideshow, web tours, atau aplikasi real time lainnya. Jadi, jika Anda mengakses Facebook misalnya, istilah streaming tidak digunakan.

Teknologi streaming saat ini menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan internet sendiri sebab mayoritas user tidak memiliki akses yang cukup cepat untuk mengunduh file-file multimedia dengan ukuran besar. Dengan teknologi ini, browser dapat menampilkan data yang Anda minta, bahkan sebelum seluruh file diterima. Artinya, sekarang Anda dapat mendengarkan lagu atau menonton film online tanpa perlu menunggu data tersebut diterima sepenuhnya dan kemudian diubah menjadi gambar atau suara yang Anda nikmati. Ini jelas akan menghemat waktu Anda.

Supaya teknologi ini dapat bekerja dengan baik, diperlukan kecepatan yang sama atau seimbang antara server pengirim dengan penerima data yang disebut streaming client.  Streaming client harus dapat mengumpulkan dan menyampaikan data dengan kecepatan sestabil mungkin kepada aplikasi yang mengubah data tersebut menjadi gambar atau suara yang Anda lihat dan dengar. Jika kecepatan penerimaan streaming client melebihi yang dibutuhkan, kelebihan data akan disimpan dalam buffer. Itulah mengapa, istilah buffering sangat lekat dengan aktivitas streaming video dan audio. Di sisi lain, jika data tidak datang dengan cepat karena server lambat, tampilan informasi yang dikirim dan diolah juga tidak akan bagus hasilnya.

Dengan semakin berkembangnya streaming media, menonton film dan video, serta mendengarkan siaran radio lewat internet jadi semakin digemari oleh orang-orang di belahan bumi manapun. Bridge Ratings melaporkan, sebanyak 57 juta orang mendengarkan radio internet setiap minggunya. Pada tahun 2006, Reuters pun melansir bahwa masyarakat di seluruh penjuru dunia melakukan lebih dari sejuta video streaming di YouTube dalam 1 hari. Jika 7 tahun yang lalu sekitar 50 jutaan orang telah memanfaatkan teknologi ini, bisa Anda bayangkan pada penghujung tahun 2013 nanti berapa miliar orang yang melakukan streaming di situs-situs penyedia lagu, video, dan film seperti STRIM.

Incoming search terms:

  • arti streaming
  • apa itu streaming
  • streaming adalah
  • streaming artinya
  • apa arti streaming
  • Arti kata streaming
  • streaming itu apa
  • pengertian streaming
  • arti dari streaming
  • maksud streaming
Previous post

Samsung Galaxy NX MirrorLess tampil dengan OS Android Jelly Bean

Next post

5 Aplikasi Untuk Streaming TV di Android

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =