News

Pabrik Samsung Tak Jadi Dibangun di Jawa?

Pabrik Samsung Tak Jadi Dibangun di Jawa? – Kabar mengenai dibangunnya pabrik Samsung di Indonesia cukup melegakan para pencinta gadget pabrikan Korea Selatan satu ini. Pasalnya, dengan adanya markas produsen di dalam negeri, memungkinkan gadget buatan Samsung punya harga yang lebih murah dibandingkan selama ini. Tapi baru-baru ini ada kabar jika pabrik ponsel tersebut kemungkinan tak dibangun di Jawa.

Disadur dari Liputan6, kali ini Direktur Jendral Kerjasama Industri Internasional (KII) mengatakan jika Samsung ingin dapat insentif harus memenuhi beberapa syarat. Agus Tjahjana mengatakan jika salah satu syarat itu adalah membangun pabrik di luar pulau Jawa.

Kebijakan mengenai insentif lebih ini didasarkan pada peraturan pemerintah yang akan melakukan pemerataan pembangunan industri di Indonesia. Nantinya pihak yang punya kewenangan ini akan mengarahkan para investor dan produsen produk untuk membangun pabriknya di wilayah Indonesia bagian timur.

Sedangkan untuk jenis insentif (tax holiday) yang diminta Samsung juga tidak langsung akan diberikan begitu saja. Pihak KII masih harus meninjaunya lagi lantaran produk yang dibuat oleh Samsung ini termasuk dalam golongan insentif tersebut. Di samping itu, insentif jenis tax holiday ini hanya diberlakukan untuk 5 area yang memungkinkan saja.

Menurut kabar sebelum ini, Samsung awalnya sudah memastikan jika pabrik yang akan dibangunnya ditempatkan di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Di samping itu, pemerintah juga memperkirakan jika pabrik tersebut sudah beroperasi pada 2015 mendatang.

Sempat ada kabar yang menyebutkan juga jika Samsung juga akan andil dalam pembangunan bandara di Jawa Barat dengan peran sebagai investor. Samsung sendiri masih belum memberikan kepastiannya, dan menurut tuturan dari Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Bara, saat ini perusahaan investor masih dalam tahap penjajakan.

Previous post

Samsung Gear Live Rasa Windows 95?

Next post

Cara Blokir Nomor di Samsung Galaxy S3

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 8 =