News

Samsung Digugat Microsoft Masalah Dana Royalti

Samsung Digugat Microsoft Masalah Dana Royalti – Belum lama kasus Apple usai setelah menggugat Samsung masalah hak paten, kini ada lagi kasus untuk raksasa teknologi dari Korea Selatan ini. Kali ini datangnya dari Microsoft yang juga merupakan partner bisnis Samsung selama beberapa tahun bekalangan.

Seperti dituliskan The New York Times, dalam kasus ini Samsung dikabarkan belum membayarkan dana royalti yang dibebankan oleh Microsoft seperti dalam perjanjian yang sudah ada. Pada September 2011 lalu kedua perusahaan ini telah menandatangani kesepakatan terkait paten teknologi yang digunakan Samsung untuk perangkat Androidnya. Dan pada nyatanya, sudah setahun terakhir ini Samsung belum juga memberikan kejelasan terkait dana ini kepada pihak Microsoft.

Dalam gugatannya, Microsoft masih meminta kepada pengadilan agar meninjau ulang perjanjian yang disepakati oleh kedua belah pihak. Pihak Microsoft berharap agar pengadilan segera menyampaikan kepada Samsung jika perjanjian royalti terkait hak paten yang sudah disepakati itu merupakan perjanjian yang sifatnya valid. Sehingga pihak perusahaan Samsung wajib bertanggung jawab dan membayarkan jumlah royalti seperti dalam perjanjian 3 tahun silam.

Saat diklarifikasi lebih lanjut, kedua kubu punya alasannya yang berbeda mengapa menggugat dan tidak mau membayar royalti. Dari pihak Korea Selatan, mereka mengatakan jika Microsoft sudah melakukan pelanggaran serius terkait akuisisi terhadap perusahaan Nokia. Namun jika mendengar pengakuan dari pihak penggugat, alasan Samsung enggan membayar royalti ini lantaran dana tersebut akan terus bertambah seiring dengan kenaikan jumlah produk smartphone dan tablet Android yang terjual.

Seperti kita ketahui saat ini Samsung merupakan salah satu perusahaan ponsel dan tablet Android yang sukses. Di samping itu, jumlah perangkat yang terjual setiap tahunnya terus bertambah. Pihak Samsung sendiri masih belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai masalah ini. Saat ini mereka masih mengkaji ulang perjanjiannya dengan Microsoft dan secepatnya akan mengambil sikap terkait gugatan ini.

Sebenarnya kesepakatan semacam ini juga diterapkan Microsoft pada beberapa produsen smartphone Android seperti HTC, Motorola, dan Acer. Lantas, akankah permasalahan ini berujung denda pengadilan seperti pada kasus Apple dan Samsung sebelum ini? Kita nantikan saja berita lebih lanjutnya.

Editor's Rating

Previous post

Samsung Galaxy Note 4 di Rilis 3 September 2014

Next post

Cara Cepat Mengisi Ulang Daya Baterai

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − sixteen =