News

Whatsapp Dibeli Facebook Rp233 Triliun

fb vs wa

Whatsapp Dibeli Facebook Rp233 Triliun – Setelah sukses membeli Instagram senilai US$9.1 miliar, kali ini Facebook mencoba lagi peruntungannya untuk instant mobile messaging. Diumumkan pada Rabu (19/2) lalu, Mark Zuckerberg dan Jan Koum selaku CEO Whatsapp telah sepakat jika aplikasi asal Amerika itu sedang dalam proses akuisisi untuk pihak Facebook.

Whatsapp merupakan salah satu perusahaan instant messaging dari Amerika yang bisa dibilang sukses. Dengan sekitar 50 orang pekerja, Jan Koum dan awak perusahaan tersebut bisa  membesarkan nama aplikasi pesan instannya tanpa ada campur tangan iklan di dalamnya. Lantas bagaimanakah kelanjutan sistem ini saat sudah berada di bawah asuhan Facebook sebagai pemiliknya?

Menurut informasi yang ada, Whatsapp nantinya tidak akan punya banyak perubahan. Pasalnya sang CEO sudah berkomitmen jika aplikasi satu ini tidak akan tumbuh besar dengan sejumlah iklan yang cukup mengganggu penggunanya. Jadi penggunanya tidak perlu cemas mengenai perubahan yang dilakukan Whatsapp nantinya, karena komitmen anti iklan tersebut akan terus diberlakukan.

Sedangkan untuk pihak Facebook sendiri, mereka perlu merogoh kantong cukup dalam untuk mendapatkan legalitas kepemilikan dari aplikasi pesan singkat ini. Patokan harga sejumlah US$16 miliar sudah menjadi jalan akhir yang harus dipenuhi Mark agar dapat mengakuisisi Whatsapp. Meski Facebook hanya membayar dengan uang tunai sebesar US$4 miliar, sisanya dibayarkan berupa beberapa aset saham yang dimilikinya.

Walaupun telah mendapatkan kata sepakat, tampaknya perjanjian akuisisi ini masih punya celah kegagalan di dalamnya. Rumornya, apabila proses akuisisi ini tidak berjalan sesuai rencana alias gagal, Facebook telah mempersiapkan dana sebesar US$2 miliar dengan rincial US$1 miliar berupa dana cair dan sebuah saham kelas A dengan nilai setara dengan US$1 miliar.

Facebook melakukan hal demikian dikarenakan pertumbuhan yang dialami oleh Whatsapp sedikit lebih unggul dari Facebook Messenger. Meski umur aplikasi mobile itu 6 tahun lebih mudah dari Facebook, tapi untuk sisi antusiasme pertumbuhan mereka jauh meninggalkan jejering sosial biru. Dengan jumlah pengguna sebanyak 450 juta, Whatsapp masih dapat merangkul pengguna baru setidaknya sekitar 1 juta per harinya.

Previous post

Apple Ubah iPhone Jadi Jenis Phablet?

Next post

7 Rumor Tentang Teknologi Samsung Galaxy S5

admin

admin

No Comment

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − eight =